SEDEKAH BUMI NGAWEN TAHUN 2021

Sejarah Desa Ngawen kembali di ulang. setelah abad ke 17 Desa Ngawen melaksanakan kegiatan Sedekah Bumi yang dilaksanakan pada tanggal 15-16 Juni 2021 yang bertepatan hari Selasa Pahing (Jawa) dan Rabu pon (jawa).

Kegiatan Sedekah Bumi desa Sedekah bumi desa Ngawen tahun 2021Ngawen dimulai dengan penyembelihan hewan kerbau pada hari Selasa Pahing tangg 15 Juni di jam 07.00 WIB, acara penyembelihan hewan ini dilaksanakan di depan balai desa Ngawen .berlanjut di siang harinya setelah jam 12.00 WIB Perangkat Desa Ngawen dan Panitia serta masyarakat Desa Ngawen meksanakan hajatan di Tempat persinggahan Nawangwulan Nawangsih (NAWANGAN) untuk mengharap berkah kepada ALLAH SWT lantaran tempat yang di sucikan/dikeramatkan oleh Warga desa Ngawen. Kemudian pada jam 16.00 Wib dilaksanakan syukuran atas berkah limpahan Rahmad dan karunia Tuhan YME di Balai Desa Ngawen (kondangan).

 

Dilanjutkan pada hari Rabu pon tanggal 16 Juni 2021 jam 10.00 WIB dilaksanakan acara inti yaitu kegiatan pementasan wayang kulit yang menjadi sarana wajib setelah pemotongan kerbau.

Pada siang harinya jam 13.00. WIB acara puncak yaitu serah terima puncak (jembul) yang berisi berbagai makan dari masyarakat untuk Kepala desa dan perangkat desa Ngawen .

Acara sedekah bumi desa Ngawen berjalan dengan lancar dan sesuai protokol kesehatan 6 M.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan