Tardisi barian di dk Ngrandu desa ngawen

Tradisi Barian Di Dukuh Ngrandu Desa Ngawen
Oleh : Salma Lathifatun Nisa’ ( KKN-IK IAIN Kudus 2021)
Pada hari Kamis Wage sekitar jam 16.30 WIB, tanggal 09 September 2021 di dukuh Ngrandu tepatnya berada di desa Ngawen dilaksanakan tradisi barian. Tradisi ini rutin dilakukan pada malam Jum’at Wage yaitu Kamis Wage setiap satu bulan sekali. Tradisi adalah suatu adat atau kebiasaan yang sudah ada sejak dulu, tradisi diteruskan secara turun temurun dari generasi ke generasi sehingga warisan budaya tetap ada.
Barian merupakan tradisi yang masih di lestarikan dan rutin dilakukan setiap satu bulan sekali di malam Jum’at wage oleh masyarakat dukuh Ngrandu desa Ngawen. Barian ini dilakukan di pertigaan jalan Ngrandu dan Ngawen Ledok, biasanya ditangangi oleh masyarakat dukuh ngrandu dan dukuh ledok yang mau datang.
Barian didukuh Ngrandu biasanya di pimpin bapak Paozan, yang datang di tradisi barian ini bukan hanya satu agama melainkan agama yang ada didukuh ngrandu semuanya datang seperti agama Islam dan Budha. Barian ini bertujuan untuk berdo’a bersama meminta keselamatan dan juga agar dijaga desa nya dari bahaya ataupun mala petaka lainnya.

Tradisi barian ini bukan hanya berdo’a bersama namun juga makan bersama yang dilakukan warga dukuh Ngarndu, mereka membawa jajanan atau makanan dari rumah dan akan di buka bersama-sama di tempat barian tersebut. Kegiatan tradisi barian ini juga selain untuk berdo’a juga untuk memper eratTradisi Barian dk ngrandu desa ngawen→ hubungan warga karena hal ini warga berkumpul.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan