KEGIATAN POSBINDU DI DESA NGAWEN

KEGIATAN POSBINDU DI DESA NGAWEN
Oleh : Saslma Lathifatun Nisa’ (KKN-IK IAIN Kudus 2021)

 

Kegiatan posbindu ini merupakan kegiatan seperti halnya posyandu namun posbindu adalah posyandu untuk dewasa atau lanjut usia. Kegiatan posbindu di desa Ngawen dilakukan di rumah Bidan Ngawen, Bu Hermin yang rumahnya berada di dukuh Kebon. Kegiatan ini di lakukan mulai pukul 09.00- selesai, posbindu ini di laksanakan untuk pemeriksaan warga-warga, posbindu ini dilaksanakan secara gratis.

Masyarakat dewasa atau lanjut usia biasanya memperiksakan keadaannya dengan bu bidan dan nanti akan mendapatkan obat, bukan hanya untuk dewasa dan lanjut usia karena di posbindu juga ada yang memperiksakan anak juga.


Posbindu adalah salah satu program pemerintah sebagai upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan penyakit tidak menular. Diantaranya adalah penyakit semacam diabetes, hipertensi, obesitas, bahkan penyakit jantung. Oleh karena itu sasaran dari posbindu adalah masyarakat 15 tahun ke atas. Di dalam posbindu masyarakat dapat berperan serta untuk sama-sama mendeteksi faktor resiko PTM di sekitar lingkungan mereka. Semua pelayanan posbindu harus dilakukan secara rutin dan periodic.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan