KEGIATAN BULANAN POSYANDU DI DUKUH KRAJAN DESA NGAWEN

KEGIATAN BULANAN POSYANDU DI DUKUH KRAJAN DESA NGAWEN YANG DILAKUKAN DIBALAIDESA
Oleh : Salma Lathifatun Nisa’ (KKN-IK IAIN Kudus 2021)

Hari sabtu 18 September 2021 dilaksanakan posyandu di dukuh krajan desa Ngawen yang kegiatannya dilakukan di Balaidesa. Sebenarnya di desa Ngawen ada 4 kali posyandu yang dilakukan disetiap dukuh yang ada didesa Ngawen. Ada bu bida Hermin yang langsung untuk memberikan vitamin serta imunisasi pada posyandu di balaidesa ini.
Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/ sosial dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi.


Posyandu yang terintegrasi adalah kegiatan pelayanan sosial dasar keluarga dalam aspek pemantauan tumbuh kembang anak. Dalam pelaksanaanya dilakukan secara koordinatif dan integrative serta saling memperkuat antara program dan kegiatan untuk kelangsungan posyandu sesuai dengan situasi.
Posyandu merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang dibentuk melalui musyawarah mufakat di desa/kelurahan dan dikelola oleh pengelola posyandu. Walaupun posyandu sudah dibagi-bagi di perdukuhan namun posyandu dibalaidesa hari ini ada yang dari dukuh lainnya juga.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan